Pengembangan Karakter Peserta Didik Melalui Pembiasaan Di Sekolah

Pendidikan Karakter Penguatan pendidikan moral (moral education) atau pendidikan karakter (character education)  dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas, oleh karena itu betapa pentingnya pendidikan karakter. Karakter berkaitan dengan konsep moral (moral knonwing), sikap moral (moral felling), dan perilaku moral (moral behavior). Berdasarkan ketiga komponen ini dapat dinyatakan bahwa karakter yang baik didukung oleh pengetahuan tentang kebaikan, keinginan untuk berbuat baik, dan melakukan perbuatan kebaikan. Bagan dibawah ini merupakan bagan keterkaitan ketiga kerangka pikir ini.

Kegiatan Pembiasaan di Sekolah Pengembangan karakter peserta didik dapat dilakukan dengan membiasakan perilaku positif tertentu dalam kehidupan sehari-hari. Pembiasaan merupakan proses pembentukan sikap dan perilaku yang relatif menetap dan bersifat otomatis melalui proses pembelajaran yang berulang-ulang, baik dilakukan secara bersama-sama ataupun sendiri-sendiri. Hal tersebut juga akan menghasilkan suatu kompetensi. Pengembangan karakter melalui pembiasaan ini dapat dilakukan secara terjadwal atau tidak terjadwal baik di dalam maupun di luar kelas. Kegiatan pembiasaan di sekolah terdiri atas Kegiatan Rutin, Spontan, Terprogram dan Keteladanan.

1. Kegiatan Rutin

Kegiatan rutin adalah kegiatan yang dilakukan secara reguler dan terus menerus di sekolah. Tujuannya untuk membiasakan siswa melakukan sesuatu dengan baik. Kegiatan pembiasaan yang termasuk kegiatan rutin adalah sebagai berikut :

  1. Berdoa sebelum memulai kegiatan. Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan peserta didik berdoa sebelum memulia segala aktifitas. 
  2. Membaca Asmaul Husna Kegiatan ini bertujuan membiasakan peserta didik untuk berdzikir, mengingat nama – nama Allah. Kegiatan ini dilaksanakan secara terpusat dari ruang insformasi dengan petugas yang terjadwal.
  3. Upacara Bendera Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan jiwa nasionalisme dan bangga sebagai bangsa Indonesia pada peserta didik. 
  4. Sholat Dhuha Bersama – sama
  5. Tadarus Al – Qur’an
  6. Sholat Dhuhur Berjamaah
  7. Berdoa di akhir pelajaran
  8. Infaq Siswa
  9. Kebersihan Kelas

2. Kegiatan Spontan

Kegiatan spontan adalah kegiatan yang dapat dilakukan tanpa dibatasi oleh waktu, tempat dan ruang. Hal ini bertujuan memberikan pendidikan secara spontan, terutama dalam membiasakan bersikap sopan santun, dan sikap terpuji lainnya. Contoh:

  1. Membiasakan mengucapkan salam dan bersalaman kepada guru, karyawan dan sesama siswa
  2. Membiasakan bersikap sopan santun
  3. Membiasakan membuang sampah pada tempatnya
  4. Membiasakan antre
  5. Membiasakan menghargai pendapat orang lain
  6. Membiasakan minta izin masuk/keluar kelas atau ruangan
  7. Membiasakan menolong atau membantu orang lain
  8. Membiasakan konsultasi kepada guru pembimbing dan atau guru lain sesuai kebutuhan                                                                                                                            3. Kegiatan Terprogram

Kegiatan Terprogram ialah kegiatan yang dilaksanakan secara bertahap disesuaikan dengan kalender pendidikan atau jadwal yang telah ditetapkan. Membiasakan kegiatan ini artinya membiasakan siswa dan personil sekolah aktif dalam melaksanakan kegiatan sekolah sesuai dengan kemampuan dan bidang masing-masing. Contoh :

  1. Kegiatan Class Meeting
  2. Kegiatan memperingati hari-hari besar nasional
  3. Kegiatan Karyawisata
  4. Kegiatan Lomba Mata Pelajaran, seperti olimpiade matematika dan Ipa
  5. Kegiatan Pentas Seni Akhir Tahun (PESAT)
  6. Kegiatan Kemah Akhir Tahun Pelajaran (KATP)                                                              4. Kegiatan Keteladanan

Kegiatan Keteladanan, yaitu kegiatan dalam bentuk perilaku sehari-hari yang dapat dijadikan contoh (idola) Contoh:

  1. Membiasakan berpakaian rapi
  2. Mebiasakan datang tepat waktu
  3. Membiasakan berbahasa dengan baik
  4. Membiasakan rajin membaca
  5. Membiasakan bersikap ramah